rss

Senin, 07 September 2009

Skripsi : PERANAN ORANGTUA DALAM MENDUKUNG PRESTASI OLAHRAGA

PERANAN ORANGTUA DALAM MENDUKUNG PRESTASI OLAHRAGA ATLIT KOTA SEMARANG DALAM PORPROV JAWA TENGAH TAHUN 2009

Abstrak :
Pada dasarnya banyak faktor yang menentukan pencapaian prestasi seorang atlit olahraga dan salah satunya adalah peranan orangtua baik secara materiil maupun spirituil. Orang tua mempunyai peranan yang sangat penting dalam bentuk motivasi kepada atlit pada saat mereka sedang dalam kondisi yang kurang bersemangat. Selain itu orangtua juga berperan dalam menyediakan fasilitas olahraga kepada putra-putrinya. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana peranan dan dukungan orangtua terhadap prestasi olahraga anak di Tim Porprov Kota Semarang? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan dan dukungan orangtua terhadap prestasi anak di Tim Porprov Kota Semarang.
Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Populasi menjadi obyek penelitian adalah orang tua yang putra-putrinya berprestasi dalam cabang olahraga di Kota Semarang. Dalam penelitian ini teknik sampling yang digunakan adalah probality sampling (randon sampling). Sehingga dengan pertimbangan tersebut peneliti mengambil 25 sampel. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu variabel bebas yang terdiri dari peranan orangtua dan dukungan orangtua sedangkan variabel terikat adalah prestasi olahraga anak. Dalam penelitian ini, untuk memperoleh data-data yang sesuai, peneliti menggunakan metode angket, interview dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan analisis deskriptif persentase diketahui bahwa sebanyak 2 responden (8%) menyatakan bahwa peranan dan dukungan orangtua termasuk dalam kategori sedang dan selebihnya sebanyak 23 responden (92%) menyatakan dalam kategori tinggi. Sedangkan pada variabel prestasi menunjukkan sebanyak 3 responden (12%) menyatakan bahwa prestasi yang dicapai anak termasuk dalam kategori sedang dan 22 responden (88%) menyatakan dalam kategori tinggi.
Kesimpulan yang dapat diambil dari hasil penelitian adalah peranan dan dukungan orangtua mempengaruhi prestasi olahraga anak di Tim Porprov Kota Semarang. Saran yang dapat peneliti berikan terkait hasil penelitian diantaranya hendaknya orangtua dapat meningkatkan peranannya kepada dalam bidang pengetahuan yang menjadi pilihan anak-anaknya khususnya bidang olahraga agar prestasi yang diraih oleh anak-anaknya. Orangtua hendaknya juga memberikan dukungan secara moral kepada anak. Hal ini dapat dilakukan dengan mengantar anak-anaknya ke tempat latihan atau melihat anak-anaknya pada saat bertanding di kejuaraan atau turnamen.

Anda Bisa mendownloadnya disiniRata Penuh

0 komentar:


Posting Komentar

Bonus Bulanan

Shout Box


ShoutMix chat widget
 

wibiya widget

Article Terbaru

My Twitter

    follow me on Twitter

    My Fb

    Sigit Setiawan on Facebook