rss

Kamis, 27 Agustus 2009

PENGARUH MINAT, MOTIVASI DAN PARTISIPASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA

JUDUL
PENGARUH MINAT, MOTIVASI DAN PARTISIPASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 3 REMBANG TAHUN AJARAN 2006 / 2007

LATAR BELAKANG
Pendidikan mempunyai peranan yang sangat penting dalam kehidupan suatu bangsa. Pendidikan merupakan suatu hal yang sangat mendasar dan penting bagi perkembangan suatu bangsa dan merupakan salah satu faktor penentu maju tidaknya suatu bangsa.

Pada umumnya dapat diartikan sebagai suatu proses oleh orang dewasa kepada anak yang belum dewasa untuk mencapai kedewasaan. Pendidikan dapat diartikan Usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran, agar peserta didik secara aktif dapat mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia serta keterampilan yang dibutuhkan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. ( UU Sistem Pendidikan Nasional No 20 Th 2003 )

Pendidikan dapat diperoleh di keluarga, sekolah, dan masyarakat. Sekolah sebagai lembaga pendidikan formal bertujuan untuk mendidik para siswamya agar kemampuan kognitif, afektif, dan psikomotoriknya dapat berkembang secara seimbang. Didalam pendidikan sekolah, prestasi belajar merupakan hal yang sangat penting. Prestasi belajar merupakan salah satu indikator sukses atau tidaknya penyelenggaraan pendidikan.

Pendidikan merupakan salah satu jalan untuk meraih cita-cita generasi muda di masa yang akan datang. SMA sebagai sebagai pendidikan menengah diselenggarakan untuk melanjutkan dan meluaskan pendidikan dasar, serta menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan mengadakan timbal-balik dengan lingkungan sosial, budaya, dan alam sekitar. Sehingga dapat mengembangkan kemampuan lebih lanjut dalam dunia kerja atau perguruan tinggi.

Siswa SMA dalam masa belajarnya terbagi dalam tiga program penjurusan yaitu IPA, IPS dan Bahasa, diamana tiap siswa dari masing-masing program penjurusan berusaha untuk dapat berhasil dan dapat berprestasi dalam tiap mata pelajaran yang dipelajari.

Dalam penelitian ini dileliti prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi khususnya Akuntansi. Akuntansi merupakan mata pelajaran yang perlu pemahaman lebih, dari pokok bahasan awal sampai akhir yang saling mempunyai keterkaitan. Dan siswa banyak beranggapan bahwa pelajaran akuntansi sukar dimengerti. Bahkan sekarang ini pelajaran akuntansi dijadiakan momok bagi siswa jurusan IPS. Dalam pelajaran akuntansi, siswa diuji kemampuan kognitif dan psikomotorik. Karena disamping belajar teori-teori, siswa harus belajar prakteknya. Pelajaran Ekonomi yang didalamnya ada Akuntansi sekarang merupakan salah satu pelajaran yang syaratkan untuk lulus dalam Ujian Nasional. Hal ini akan menimbulkan kecemasan dalam diri siswa. Dan ini akan mempengruhi prestasi belajar pada pelajaran akuntansi.

Prestasi belajar yang diperoleh siswa banyak dipengaruhi oleh berbagai faktor. Prestasi belajar dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal siswa. Faktor internal adalah semua yang bersumber pada diri siswa seperti faktor : kesehatan, minat, inteligensi, bakat, motivasi, kematangan, partisipasi siswa dan lain-lain. Faktor eksternal adalah semua yang bersumber dari luar siswa seperti cara orang tua mendidik,suasana rumah, keadaan ekonomi keluarga,latar belakang budaya, metode mengajar, kurikulum, disiplin sekolah dan lain-lain.

Salah satu faktor yang diduga menpengaruhi potensi perkembangan anak dalam pencapaian prestasi adalah Minat. Minat merupakan kecenderungan yang mantap dalam diri subyek untuk merasa tertarik pada bidang tertentu dan merasa senang berkecimpung dalam bidang tertentu. Menurut Slameto (2003:180) minat adalah suatu rasa lebih suka dan rasa keterkaitan pada suatu hal atau aktivitas tanpa ada yang menyuruh.

Minat belajar, khususnya terhadap pelajaran akuntansi perlu ditumbuhkan dan dikembangkan karena jika dalam diri siswa tumbuh suatu minat terhadap pelajaran akuntansi, maka anak dengan mudah belajar sehingga prestasi belajar yang diharapkan akan tercapai.

Selain Minat, faktor yang diduga mempengaruhi prestasi belajar adalah Motivasi Belajar. Menurut Hamalik dalam Djamarah (2002:114), motivasi adalah suatu perubahan didalam pribadi seseorang yang ditandai dengan timbulnya afektif (perasaan) dan reaksi untuk mencapai tujuan. Seseorang yang mempunyai yang mempunyai motivasi dalam belajar akan berusaha mencurahkan segenap kemamampuannya untuk menguasai ilmu yang dipelajari agar mencapai hasil belajar yang optimal. Motivasi selalu mendasari dan mempengaruhi kegiatan seseorang untuk mencapai tujuan yang di inginkan. Dalam belajar, kalau siswa mempunyai motivasi yang baik dan kuat, hal itu akan memperbesar usaha dan kegiatannya mencapai prestasi tinggi.

Selain Minat dan Motivasi, faktor lain yang diduga mempengarui Prestasi Belajar adalah Partisipasi Siswa dalam Pembelajaran. Dalam belajar, partisipasi siswa dalam pembelajaran sangat dibutuhkan, karena siswa tidak hanya pandai dalam mengerti atau memahami pelajaran, akan tetapi harus ditunjukkan partisipasinya dalam proses belajar mengajar. Menurut Mc Keachine (1997:230) ”Individu merupakan manusia belajar yang selalu ingin tahu”. Semakin besar partisipasi maka semakin besar pula rasa keingintahuan siswa pada pelajaran tersebut. Peran penting seorang guru untuk menumbuhkan rasa untuk berpartisipasi dari diri siswa didalam kegiatan belajar mengajar. Jika partisipasi siswa semakin baik, maka guru akan mudah mengetahui kesulitan-kesulitan yang dihadapi siswa dan mencari jalan terbaik untuk memberikan pemahaman kembali mata pelajaran yang sulit dimengerti. Sebaliknya jika siswa kurang berpartisipasi dalam pembelajaran, maka guru akan mengalami kesulitan dalam mengetahui kesulitan-kesulitan belajar yang dihadapi siswanya. Partisipasi siswa yang besar akan tercipta suasana keterbukaan antara guru dan siswa, sehingga kesulitan-kesulitan belajar yang dihadapi siswa dapat diatasi secara cepat dan tepat. Hal ini akan mendorong siswa untuk selalu berprestasi.

Pada dasarnya dilihat teori para ahli banyak yang menyatakan : Minat, Motivasi dan Partisipasi siswa dalam Pembelajaran merupakan sebagian faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa. Namun dalam kenyataannya, Prestasi belajar akuntansi yang dicapai kelas XI IPS SMA NEGERI 3 REMBANG masih tergolong rendah. Informasi ini diperoleh dari guru akuntansi dan beberapa siswa di sekolah tersebut. Mencermati fenomena tersebut timbul keraguan dalam diri penulis, apakah teori yang ada sesuai dengan kenyataan yang ada. Sehingga penulis dalam penelitian mengambil judul : ”PENGARUH MINAT, MOTIVASI, DAN PARTISIPASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 3 REMBANG TAHUN AJARAN 2006 / 2007”

DAFTAR PUSTAKA
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta
Dimyati dan Mudjiono. 1994. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Depdikbud
Algifari. 2000. Analisis Regresi (Teori, Kasus, dan Solusi).Yogyakarta : BPFE
Tu’u, Tulus. 2004. Peran Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi siswa. Jakarta : PT. Grasindo.
Nasution, S. 1995. Didaktik Azas-Azas Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.
Santoso, Singgih. 2004. Mengatasi Berbagai Masalah Statistik Dengan SPSS Versi 11.5. Jakarta : PT Elex Media Komputindo
Prayitno, Elida. 1989. Motivasi dalam Belajar. Jakarta : Depdikbud
Sardiman, 2006. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang mempengaruhinya. Jakarta :Rineka Cipta
Sudjana, Nana. 2002. Metode Statistika. Bandung : Tarsito
Usman, Moh. User. 2006. Menjadi Guru Prifesional. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Untuk Lebih Lengkapnya File teman-teman bisa mendownloadnya disini

0 komentar:


Posting Komentar

Bonus Bulanan

Shout Box


ShoutMix chat widget
 

wibiya widget

Article Terbaru

My Twitter

    follow me on Twitter

    My Fb

    Sigit Setiawan on Facebook